Sabtu, 10 Maret 2012

Sekda Garut Lepas Indonesia-Canada Youth Exchange Program

Sekretaris Daerah Kabupaten Garut H. Iman Ali Rahman,SH,M.Si, Jumat (9/3) sore di Gedung Pendopo, secara resmi melepas para peserta program pertukaran pemuda Indonesian-Kanada (PPIK) atau Indonesia-Canada Youth Exchange Program untuk tahun ketiga di Kabupaten Garut. PPIK merupakan program Kementerian pemuda dan Olah Raga RI dalam pertukaran Pemuda Pelajar dengan negara lain, khususnya Kanada, yang tujuan utamanya membentuk jejaring pemuda, menumbuhkan saling pengertian dan pemahaman masing-masing budaya, mengasah character building serta turut berkontribusi pada pembangunan masyarakat setempat dengan melibatkan peran aktif pemuda.

Dalam Sambutannya Sekda Mengungkapkan, setidaknya ada dua dampak posistif terkait dengan penyelenggaraan program pertukaran pemuda Indonesia dan Canada. Pertama, program kegiatan tersebut dapat menjadi sebuah sarana promosi efektif serta positif tentang kebudayaan Garut dan masyarakatnya, serta seluruh potensi yang dimiliki kepada masyarakat internasional. yang Kedua, kegiatan ini tentunya dapat menjadi sarana untuk untuk bertukar informasi, pengetahuan dan wawasan diantara generasi muda, khususnya generasi muda Garut mengenai nilai-nilai positif, termasuk didalamnya pemikiran konstruktif dan etos kerja yang berkembang di dunia luar

Turut hadir pada kesempatan tersebut dari kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Jawa Barat, Kelapa Dinas Pendidikan kabupaten Garut Dra. Hj.Elka Nurhakimah,M.Si serta sejumlah masyarakat Desa Cikondang dan Depok yang turut serta mengantarkan.

Menurutnya, Penyelenggaraan program pertukaran pemuda pelajar di antara kedua negara ini, dipandang sebagai kegiatan strategis untuk lebih mendekatkan dan saling memperkenalkan budaya masing-masing negara dengan nilai-nilai lokal, yang barangkali selama ini hanya diketahui dari literatur maupunsarana multimedia. Muncul harapan dari kegiatan ini, semakin luasnya cakrawala pandang serta melengkapi pemahaman baik bagi peserta, maupun masyarakat kabupaten Garut.

Atas pelaksanaan kegiatan tersebut, menurut Sekda, Pemerintah Daerah Kabupaten Garut menyampaikan penghargaan serta ucapan terima kasihnya kepada kementerian Pendidikan Indonesia, Propinsi Jawa Barat dan para peserta program pertukaran Pemuda Indonesia Kanada, serta berbagai pihak yang telah ikut serta dalam menyukseskan kegiatan ini di kabupaten Garut, terlebih rasa terimakasih juga perlu disampaikan kepada Desa Depok Kecamatan Cisompet dan Desa Cikandang Cikajang, beserta seluruh masyarakatnya yang telah membantu memberikan dukungan dan memfasilitasi program ini. Teriring harapan, agar kegiatan ini dapat terlaksana kembali dan semakin berkembang.

Pada kesempatan tersebut, Sekda juga menyampaikan, meskipun sebagian besar masyarakat Garut merupakan masyarakat petani dengan jiwa kekerabatan yang kuat, serta memiliki kehidupan religius yang tinggi, akan tetapi masyarakat Garut adalah masyarakat yang terbuka dan senantiasa membuka diri terhadap dunia luar beserta perkembangannnya. Hal tersebut menunjukan, bahwa masyarakat Garut tidaklah skeptis dan antipati terhadap budaya modern serta kemajemukan masyarakat dunia.

Meskipun disisi lain , bahwa masyarakat Garut merupakan masyarakat yang kritis dan analitis terhadap nilai-nilai moderen yang dipandang mengandung sensitifitas terhadap nilai-nilai lokal. Hal tersebut merupakan bentuk kesadaran komunal untuk membentengi diri, agar tidak terlalu larut terhadap pergeseran atau transformasi nilai yang senantiasa berkembang.

Menurut keterangan Kadisdik Garut, Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada untuk tahun 2012 merupakan program yang ketiga kalinya. Program tersebut melibatkan 18 pemuda dan pelajar Indonesia dan 16 Pemuda dari Kanada. Merekaterbagi kedalam 2 tim yang masing-masing dipimpin oleh 2 orang project supervisor, seorang dari Indonesia dan seorang dari Kanada. Program yang dilaksanakan di Indonesia yang di pusatkan di Desa Depok dan Cikondang meryupakan perogram fase ke dua, yang di mulai dari bulat desember 2011 sampai dengan bulan maret 2012, setelah sebelumnya fase pertama pada bulan september sampai desember 2011 di laklsanakan di Kanada.

Selama di Kabupaten Garut, peserta PPIK aktif terlibat pada sejumlah kegiatan Community Development baik pisik maupun non fisik, seperti berperan aktif dalam pelaklsdanaan posyandu, penyuluhan kesehatan, membantu penyelenggaraan kesehatan masyarakat baik di puskesmas maupun di kampung-kampung. Peserta juga membantu pengadaan sumber air bersih melalui pivanisasi dan penampungan bak air bersih, pengeboran serta kerja bhakti perbaikan jalan, mengajar bahas Ingris di sekolah-sekola, bercocok tanam pelestarian seni budaya dan olahraga.

Implementasi PPIK pada tahun ini, di titikberatkan pada program Youth Leaders In Action (aksi pemimpin pemuda) yang bersifat multi years. Yang berupaya memberikan penajaman perogram pertukaran pemuda terhadap pembangunan masyarakat, term,asuk pemberdayaan pemuda lokal, berbasis kesehatan dan lingkungan.

Untuk pelaksanaan yang ditempatkan di Desa Depok Cisompet, program sentra yang dikembangkan kementerian Pemuda dan Olahraga yang berbasis kesehatan seperti rumah sehat, sedangkan untuk di Desa Cikandang Cikajang di fokuskan pada aspek lingkungan terutama penanganan sampah dan limbah kotoran sapi/biogas.

10/03/2012, Cetak, Farhan Aolia/Admin,garutkab.go.id
sumber: http://www.garutkab.go.id/

0 komentar:

Posting Komentar